Investasi property tidak selalu berbicara mengenai rumah, apartemen, dan ruko. Ada satu lagi macam investasi property yang tidak kalah menarik yaitu investasi tanah karena seiring berjalannnya waktu, harga tanah makin lama makin naik dengan sendirinya.

Nah, jika kamu ingin melakukan investasi ini, ada baiknya memerhatikan kelebihan dan kekurangannya terlebih dulu supaya kamu dapat mengambil keputusan dengan benar. Simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Kelebihan Investasi Tanah

 
  • Kenaikan Capital Gainyang Tinggi

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa investasi tanah memiliki kenaikan capital gain yang tinggi. Umumnya prsenntasenya mencapai 20-25%, namun angka itu menyesuaikan lokasi tanah tersebut berada.  Jika tanah tersebut berada di daerah berkembang dengan akases dan infrastruktur yang terus dibangun maka kenaikan capital gain juga sangat tinggi bahkan bisa mencapai angka 100%-200%. Sebaliknya, untuk tanaha yang berada di daerah yang kurang strategis dengan pembangunan akses dan infrastruktur yang belum lengkap maka perkembangan capital gain tidak mencapai angka pada umumnya.

  • Dapat Dibuat Bisnis Lain

Salah satu kelebihan investasi tanah adalah kamu dapat memanfaatkannya untuk bisnis lain sambil menunggu capital gain meningkat seperti memanfaatkannya sebagai lahan parkir jika berada di dekat pusat keramaian, atau bisa juga mengolahnya untuk berkebun dan bercocok tanam.

  • Memiliki Nilai Tambah

Jika tanahmu luas berada di lokasi yang strategis dengan akses infrastruktur yang memadai maka kamu bisa menjualnya untuk perumahan dengan system kavling. Dan tentunya harga jualnya akan naik sehingga memberikan keuntungan yang lebih buat kamu.

  • Minim Biaya Perawatan

Berbeda dengan property yang lainnya, property tanah minim biaya perawatan setiap tahunnya sehingga tidak terlalu menguras uangmu.

  • Tidak Mungkin Hilang

Berbeda dengan lain seperty uang dan emas yang mungkin akan hilang atau dicuri saat daerahmu terkena bencana, investasi tanah selam kamu mempunyai surat atau bukti kepemilikan tanah yang sah, kamu tidak perlu khawatir akan hilang tanahmu.

Kekurangan Investasi Tanah

 
  • Butuh Modal Besar

Bila kamu ingin membeli tanah yang bagus atau di lokasi strategis dengan kemudahan akases serta infrastruktur kamu harus membutuhkan modal yang besar untuk mendapatkannya.

  • Investasi Tanah Memiliki Sifat Likuid Kecil

Berbeda dengan emas yang mudah dicairkan menjadi uang, investasi tanah membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dicairkan menjadi uang. Maka dari itu, jika kamu uang dengan segera atau buru-buru, investasi tanah kurang menolong.

  • Bisa Tak Mendapatkan Pemasukan

Bila kamu membiarkan tanahmu kosong melompong cukup lama maka kamu tidak akan mendapatkan pemasukan sama sekali. Untuk hal ini bisa kamu siasati dengan mengolahnya atau memanfaatkannya menjadi kost-kostan atau ruko sehingga kamu bisa mendapatkan pemasukan setiap tahunnya.

  • Daya Jualnya Tergantung oleh Lokasi

Salah satu faktor yang haru diperhatikan adalah kejelian seseorang dalam “membaca” lokasi. Salah satu faktor kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang berinvestasi tanah adalah ketidakjelian dalam “membaca” lokasi. Lokasi adalah faktor penting untuk menentukan capital gain tanah yang kamu beli. Lokasi yang akses dan infrastrukturnya kurang mendukung tentu capital gainnya akan rendah.

  • Biaya Lain-Lain Menguras Kantong

Bila tanahmu luas dan hanya didiamkan saja maka capital gain dari tanahmu bisa tidak menutupi biaya pajak, biaya penjagaan, belum lagi jika kamu lalai membayar dan memperhatikan, bisa jadi patok tanahmu akan dikurangi oleh orang lain.

Nah, mau investasi tanah kamu tetap menguntungkan? Klik disini

Contact Form Powered By : XYZScripts.com
You cannot copy content of this page
Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu?
Hallo, Dengan Zamil Property :)

Kami siap melayani Anda dengan senang hati,

Ada yang bisa kami bantu?
Powered by