Tren Properti 2024, Bangunan Ramah Lingkungan Bakal Jadi Primadona

contoh kavling

Tren properti 2024 akan banyak berkutat pada bangunan ramah lingkungan. Jika Anda memiliki rencana untuk membangun rumah, gedung, atau kantor, cobalah untuk mempertimbangkan konsep bangunan hijau.

Di artikel ini, Zamil Property akan membedah poin-poin penting dari ciri khas bangunan ramah lingkungan. Selain itu, kami juga akan memaparkan betapa pentingnya memiliki bangunan hijau sebagai investasi properti Anda.

Definisi Bangunan Ramah Lingkungan

Sebagai tren properti 2024, bangunan ramah lingkungan biasa juga disebut sebagai bangunan hijau, atau populernya adalah green building. Bangunan ini berkonsep sesuai dengan namanya, yaitu menyatukan struktur bangunan dengan hal-hal yang natural dan alamiah.

Konsep ini membuang semua hal-hal negatif yang bisa merusak dan mencemari alam. Maka dari itu, biasanya green building menggunakan bahan material daur ulang yang dapat meminimalisir residu yang dapat mencemari unsur alamiah seperti tanah, udara, dan air.

Yang paling utama dalam konsep ini adalah penghematan energi. Alih-alih menghabiskan energi dengan menggunakan listrik yang berlebihan, bangunan hijau menggunakan manfaat dari alam untuk menggantikan penggunaan energi yang berlebihan.

Manfaat Bangunan Ramah Lingkungan

Bangunan ramah lingkungan sebagai tren properti 2024 menyediakan segudang manfaat. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dalam penggunaan konsep green building.

  1. Hemat Energi

Pertama, seperti yang sudah disinggung pada bagian konsep, yaitu bangunan hijau akan menghemat penggunaan energi. Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk tagihan listrik sekaligus menyelamatkan bumi dari krisis energi.

Alih-alih membuat bangunan tertutup, green building menggunakan konsep bangunan terbuka yang akan memberikan aliran udara dan juga cahaya matahari yang optimal. Maka dari itu, penggunaan lampu serta pendingin ruangan tidak begitu diperlukan.

  1. Pekerjaan Manusia Lebih Optimal

Apabila pasokan oksigen tercukupi, otak manusia akan bekerja secara maksimal. Dengan adanya konsep hijau pada bangunan, otomatis pasokan oksigen akan mengalir lebih optimal ke saluran pernapasan manusia. Jika otak manusia bekerja maksimal, maka kreativitas manusia akan muncul dan akan terdapat banyak ide-ide terbarukan yang dapat menguntungkan.

Maka dari itu, kantor-kantor yang memiliki konsep bangunan hijau makin hari makin diminati guna meningkatkan kinerja karyawannya. Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan bangunan hijau pada rumah Anda untuk meningkatkan kognitif anak-anak Anda saat ia bermain dan bersentuhan dengan alam.

  1. Ruang Meditasi dan Kesehatan Mental

Alam juga dapat meminimalisir tingkat stres. Saat Anda suntuk karena pekerjaan atau sedang dilanda masalah, cobalah berinteraksi dengan unsur alam. Melalui konsep bangunan ramah lingkungan, Anda bisa mendapatkan ruang meditasi secara gratis.

Bayangkan jika Anda memiliki rumah atau kantor dengan ruang yang tertutup, lembab, dan tanpa sirkulasi udara. Pasti Anda akan merasakan stres karena suhu yang tidak optimal dan juga oksigen yang sangat kurang.

Maka dari itu, rumah yang terbuka dengan taman-taman hijau akan meningkatkan keharmonisan keluarga. Begitu juga dengan kantor yang bertema green building, akan makin meningkatkan kinerja karyawan.

Apalagi saat ini kesehatan mental sedang digaungkan. Maka dari itu, bangunan dengan konsep hijau akan makin bermanfaat sebagai tren properti 2024.

  1. Menyelamatkan Bumi

Makin hari, bumi kita seakan-akan minta pertolongan. Bencana kekeringan melanda di banyak wilayah dunia, khususnya Indonesia. Bahkan sempat terjadi gelombang panas yang menyebabkan banyak negara meliburkan sekolah dan kerja. Konsep bangunan ramah lingkungan datang sebagai tren properti 2024 untuk mengatasi masalah tersebut. 

Bangunan yang dipadukan dengan konsep ruang terbuka hijau, akan meminimalisir polusi dan juga mempersempit peluang pemanasan global makin meningkat. Tumbuhan-tumbuhan yang memenuhi bangunan akan menyaring racun-racun, dan memaksimalkan udara sejuk yang pada akhirnya berpengaruh pada iklim yang makin baik.

Standar Green Building

Sebagai tren properti 2024, bangunan ramah lingkungan memiliki standar yang telah diatur lembaga bangunan hijau. Di Indonesia, ada Green Building Council Indonesia sebagai lembaga yang memiliki wewenang untuk melakukan sertifikasi terhadap bangunan hijau.

  1. Tepat Guna Lahan

Standar yang utama dalam green building adalah lahan yang digunakan adalah tepat guna lahan yang mempertimbangkan kemudahan akses bangunan, pengurangan pemakaian kendaraan bermotor demi mengurangi emisi, pengoptimalan lahan hijau, penjagaan ekosistem sekitar bangunan, dan area vegetasi pada gedung.

  1. Efisiensi dan Konservasi Energi

Selanjutnya, energi yang digunakan dalam suatu bangunan haruslah efisien sebagai bentuk optimalisasi keberlanjutan sumber daya alam tak terbarukan. Penghematan energi berfungsi agar hubungan ekologi tetap harmonis.

  1. Konservasi Air

Penggunaan air juga perlu dicermati. Hal yang menjadi perhatian adalah perihal penggunaan, pemeliharaan, dan pemeriksaan sistem perpipaan. Kemudian ada pula efisiensi penggunaan air bersih, penggunaan kran auto stop, pengaplikasian sistem filtrasi, dan juga pengukuran konsumsi air.

  1. Material yang Bisa Didaur Ulang

Bangunan ramah lingkungan dibangun dengan menggunakan material yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang. Selain itu, wajib ada sistem pengelolaan sampah yang sesuai dengan standar, serta penyaluran limbah hasil produksi yang tidak mencemari lingkungan.

  1. Kesehatan dan Kenyamanan Ruang

Bangunan hijau wajib memiliki kualitas udara ruangan yang baik, kebijakan yang mengatur perihal asap rokok, bahkan sampai pertimbangan perihal polusi suara dengan cara mengukur tingkat kekerasan bunyi yang dapat mengganggu kesehatan baik fisik maupun mental.

  1. Manajemen Bangunan

Green building memerlukan manajemen bangunan yang bisa menjaga kualitas bangunan, bahkan memberikan inovasi guna meningkatkan mutu bangunan. Selain itu, dokumen bangunan harus tersedia secara lengkap. Dalam hal manajemen, perlu ada pengetahuan terkait pengoperasian dan perawatan aspek kehijauan dalam konsep bangunan ramah lingkungan.

Itulah tadi pembahasan secara menyeluruh terkait definisi bangunan ramah lingkungan, apa saja manfaatnya, serta standar yang diatur oleh lembaga terkait. Apabila Anda memiliki ketertarikan menggunakan konsep green building yang akan menjadi tren properti 2024, Anda bisa langsung hubungi Zamil Property untuk mengonsultasikannya.

Kami selalu terbuka untuk berdiskusi dan memberikan penawaran konsultasi gratis untuk Anda. Jika Anda memiliki keluh kesah terkait investasi properti, segera hubungi kami!

Contact Form Powered By : XYZScripts.com

You cannot copy content of this page

Kirim Pesan Anda
1
Hubungi Kami
Zamil Property
Halo. Silakan sampaikan kebutuhan Anda di sini.